VISI, MISI DAN TUJUAN PROGRAM STUDI SARJANA EKONOMI SYARIAH

Visi

Menjadi Program Studi Sarjana Ekonomi Syariah terkemuka yang menghasilkan lulusan dengan kompetensi di bidang perbankan syariah dan manajemen keuangan syariah dengan mengedepankan nilai-nilai Islam dalam menghadapi persaingan global tahun 2027.

 

Misi

Berdasarkan Visi Program Studi Sarjana Ekonomi Syariah di atas, maka Misi Program Studi Sarjana Ekonomi Syariah, sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang Ekonomi Syariah yang bermutu, dan dapat dipertanggungjawabkan.
  2. Menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap mengelola lembaga ekonomi syariah.
  3. Menghasilkan calon pelaku koperasi dan wirausaha yang jujur, amanah dan menguasai ekonomi syariah.
  4. Menyiapkan calon pelaku koperasi dan bisnis yang memiliki semangat kewirakoperasian dan kewirausahaan berdasarkan nilai-nilai Islam.
  5. Menghasilkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang Perbankan Syariah dan Manajemen Keuangan Syariah.

 

Tujuan

  1. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu Ekonomi Syariah, dicirikan oleh:
  • Kemampuan analisis dan menetapkan alternatif solusi dari permasalahan perbankan syariah, manajemen keuangan syariah, perkoperasian dan UMKM.
  • Kemampuan lain yang menunjang kompetensi berpikir kritis, kreatif dan keahlian perbankan syariah, manajemen keuangan syariah, perkoperasian dan UMKM di antaranya teknologi informasi, financial technology, akuntansi, perpajakan, komunikasi dan bahasa, statistik, negosiasi, softskill
  • Menghasilkan lulusan yang mampu mendirikan usaha secara mandiri (wirausaha) yang mengedepankan nila -nilai
  1. Menghasilkan lulusan yang mempunyai keahlian dalam bidang perbankan dan manajemen keuangan lainnya yang berbasis syariah.
  2. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan professional yang dapat menerapkanĀ  dan mengembangkan ilmu dan teknologi Perbankan Syariah dan Manajemen Keuangan Syariah.
  3. Menghasilkan pelaku koperasi dan bisnis yang memiliki semangat kewirakoperasian dan kewirausahaan berdasarkan nilai-nilai Islam.
  4. Menghasilkan produk-produk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang Ekonomi Syariah.